Home » Artikel » Limbah B3 ? Cek Bahayanya Disini

Limbah B3 ? Cek Bahayanya Disini

Pemenuhan kebutuhan manusia  hampir tak terbatas, memerlukan dukungan yang besar dari daya dukung lingkungan dan daya tampung lingkungan. Makin besar kebutuhan yang diperlukan maka makin besar pula dampak yang akan timbul.

1 Namun demikian perlu disadari oleh semua pihak, jika pengendalian dampak lingkungan ini tidak terkelola secara baik dan benar, maka yang menanggung akibatnya adalah manusia itu sendiri, hewan, tumbuh-tumbuhan dan alam sekitarnya.

Ditemukannya bahan-bahan dan senyawa kimia pada awalnya disambut gembira, namun dengan berjalannya waktu maka ditemukan dampak negatifnya. Secara sadar maka Limbah B3 ( Bahan Berbahaya dan Beracun ) perlu dikelola dengan baik dan benar pada waktu masih digunkan maupun yang harus tidak digunakan lagi. Payung hukum telah dibuat baik secara internasional melalui kovensi antara lain konvensi Basel, Roterdam dan Stockholm serta secara nasional melalui Undang-undang dan peraturan pelaksanaan lainnya.

Hak atas informasi lingkungan hidup akan meningkatkan nilai dan efektivitas peranserta masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup. Hak atas informasi lingkungan hidup merupakan suatu konsekwensi logis dari masyarakat dalam ambil perannya untuk pengelolaan lingkungan hidup.

Rumah adalah merupakan tempat tinggal dan dapat pula berfungsi sebagai pembinaan dalam rumah tangga. Dengan demikian maka segala hal yang berkaitan dengan aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya di rumah tangga dapat diharapkan dapay dikelola dengan baik. Dengan demikian maka dampak dari limbah B 3 di dalam rumah tangga dapat dikelola dengan baik, sehingga setiap orang mempunyai hak yang sama atas lingkungan hidup yang baik dan sehat kiranya dapat terwujud.

Pengertian

2

Limbah B 3  yang berada dalam rumah tangga adalah merupakan hasil aktif kegiatan keseharian dari manusia sehingga dapat memberikan dampak negatif yang sangat berbahaya  dalam jangka pendek maupun jangka panjang untuk manusia, hewan, tanaman dan lingkungan.

Asal Limbah

  1. Dapur :Pembersih saluran air, soda kostik, semir, gas elpiji, minyak tanah, asam cuka, kaporit / desinfektan, spiritus / alcohol, deterjen
  2. Kamar mandi / tempat cucian : cairan setelah mencukur rambut, obat-obatan, shampoo, sabun mandi, pembersih kamar mandi / toilet, desinfektan
  3. Kamar Tidur : parfum, kosmetik, kamfer, obat-obatan, hairspray, airfreshner, pembunuh nyamuk
  4. Ruang keluarga : Korek Api, alkohol, baterai, cairan pembersih lantai
  5. Garasi / taman : pestisida dan insektisida, pupuk, cat dan solven / pengencer, perekat, minyak pelumas mesin / mobil, aki bekas. 3

Jenis Sampah

Apa saja Jenis sampah di dalam Rumah?

  1. Sampah Organik, misalnya :

4

Sisa-sisa makanan (nasi, sayuran, daging, kacang-kacangan, buah-buahan, dll)
– Sampah dapur (tulang, sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan, dll)
– Sampah kebun (rumput, daun, ranting)

    2. Sampah Anorganik, misalnya :

5

– Plastik (pembungkus, kantong kresek)
– Logam (besi tua, atap seng, aluminium foil, dll)
– Kayu (balok kayu, bekas bangunan)
– Kertas (kertas koran, kardus, kertas bekas, pembungkus, dll)
– Styrofoam (pembungkus, pelapis barang elektronik, dll)
– Kaca/gelas ( pecahan kaca, gelas, piring, jendela, dll)

  3. Sampah berbahaya dan beracun, misalnya :

6

– Bohlam, lampu TL, kaos lampu petromax
– Aki mobil/motor, oli bekas
– Wadah/botol insektisida, fungisida
– Wadah/kaleng cat, tinner
– Obat-obatan daluarso
– Asbes
– dll

Lalu apa yang bisa kita lakukan

7

8

9

Bahan pencemar organik yang Persistan
10

sumber : http://belajar.kemdiknas.go.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *