Home » Tutorial » Tutorial Kalzium

Tutorial Kalzium

Pernah dengar istilah Kalzium? ya bukan Kalsium
Kalzium merupakan salah satu software atau lebih tepatnya open source software (OSS) kimia yang ada pada LINUX. Namun hingga saat ini belum tersedia untuk sistem operasi Windows. Sehingga bagi yang berminat untuk mencoba aplikasi ini Anda harus menginstal LINUX terlebih dahulu di laptop kesayangan Anda. Kecuali jika Anda sudah mempunyai LINUX khusus untuk kimia yaitu KIMUX, anda tak perlu repot menginstal karena sudah tersedia disana. Adanya software Kalzium ini sangat bermanfaat dan membantu pada pembelajaran Kimia untuk kelas X, XI maupun XII. Software ini juga tersedia pada sourceforge.net. Berbagai macam bab yang ada pada materi pembelajaran kimia SMA dapat dimaksimalkan dengan adanya aplikasi Kalzium ini. Bisa digunakan sebagai alternatif media pembelajaran yang menyenangkan baik bagi guru maupun bagi siswa.

ini tampilan dari aplikasi kalzium

ka1

Kalzium dapat menampilakn berbagai bentuk dari Periodic Table, caranya tinggal memilih icon yang berisikan pilihan Classic, Short, Long, Transition, atau juga DZ Periodik Table. 
Disini saya memilih tampilan Long Periodic Table, selain itu kita juga bisa menggunakan fitur Scheme untuk memilih tampilan dari periodic table, seperti pilihan Icon yang disertai dengan gambar contoh dalam kehidupan.
ka2
Selain itu kita juga dapat memilih fitur Gradient yang dapat menampilkan gradiasi warna dari Periodic Table tersebut.
ka3
Bagi anda yang ingin mengetahui melting point, boiling point, dll dapat melihatnya dengan mengklik salah satu unsur yang dikehendaki. Disini saya mencoba untuk melihat karakteristik dari unsur Li :
ka4
ka5
Untuk melihat model atomnya dengan cara klik atom model, seperti berikut :
ka6
Kita bisa melihat unsur-unsur lain hanya dengan cara klik icon pilihan Previous :

ka7
Jika anda mengetahui manfaat lebih dari aplikasi kimia ini kita bisa memilih fitur tool Plot Data. Untuk menuju tool Plot Data, klik menu Tool dan  pilih Plot Data. Pada tool  ini dapat dilakukan pem-plot-an antara sumbu X dan Y (dalam sebuah grafik) beberapa sifat periodik unsur untuk melihat kecenderungan suatu unsur.
ka8

Bagian sumbu X dan Y terdapat nomor atom (Atomic Number), massa atom (Mass), elektronegatifitas (Electronegativity), titik lebur (Melting Point), titik didih (Boiling Point), jari-jari atom (Atomic Radius), dan jari-jari kovalen (Covalent Radius).

Sebelum melakukan pem-plot-an tentukan terlebih dahulu First element dan Last elementdengan mengetikan angka atau menekan tanda panah atas-bawah. Atur juga bagianDisplay (Tampilan), apakah kita ingin menampilkan label (nama unsur atau simbol unsur) pada titik-titik plot atau dibiarkan kosong tanpa label.

Pokok bahasan yang bisa memanfaatkan Plot Data ini antara lain:

-Sistem periodik unsur (sifat periodik unsur). Di sini kita bisamempelajari tentang berbagai kecenderungan unsur dengan naiknya nomor atom, atau dalam jenis unsur tertentu (logam-non logam, masing-masing blok, golongan.
-Ikatan kimia (ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan logam). Bahasan ikatan kimia bisa memanfaatkan data elektronegativitas untuk menentukan kemungkinan suatu unsur membentuk ikatan dengan unsur lainnya. Apakah mereka akan membentuk ikatan ion, ikatan kovalen, atau ikatan logam.
-Kimia unsur (kelimpahan unsur). Beberapa karakteristik unsur juga bisa dipelajari dengan menggunakan plot data Kalzium ini.
-Pokok bahasan lain yang memerlukan plot data unsur-unsur.

Untuk memperjelas nya , Anda bisa melihat video berikut :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *